Membuat Angket Online - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Monday, May 11, 2015

Membuat Angket Online

Penelitian sangat penting dalam suatu pengembangan baik secara teori maupun praktik. Demikian juga dalam pendidikan atau lebih rinci lagi dalam proses pembelajaran. Ada berbagai topik yang sangat perlu untuk dikembangkan yang didasari dengan penelitian. Misalnya saja pengembangan alat evaluasi yang dipersiapkan pendidik untuk mengukur kemampuan peserta didik. Bahkan akhir-akhir ini, pendidik atau guru haruslah mampu melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Untuk itu sangat disarankan agar para guru untuk sesegera mungkin meningkatkan kemampuan penelitiannya. 

Berkaitan dengan penelitian, tentunya dalam penelitian untuk memperoleh kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan maka sebaiknya peneliti atau pendidik menggunakan alat untuk mengumpulkan data. Alat penelitian ini dikenal dalam beberapa bentuk, antara lain (1) tes tertulis maupun (2) tes lisan. Salah satu alat yang sering digunakan adalah angket atau kuisioner.

Nah, untuk itu, seiring dengan kemajuan teknologi, perlu adanya upaya untuk menarik minat para peserta didik untuk mengisi angket dengan ikhlas dan tanpa dibatasi oleh ruang. Artinya, angket hendaknya tidak menjadi beban, agar hasil yang diperoleh baik. Solusinya, pembuatan angket online.

Peserta didik dapat mengisi angket yang kita butuhkan, dimanapun dan dalam berbagai kegiatan. Sehingga mempermudah mereka mengisi angket sekaligus menyenangkan. Jadi, berikut langkah-langkah pembuatan angket online (free).

1. Kunjungi laman <<https://drive.google.com/>> sebaiknya dan wajib  pergunakan email dari google (gmail). Tampilan, jika berhasil login.


2. Klik link button "NEW" - More - Google Form


3. Langkah selanjutnya, akan tampil laman baru
  • Isi pertanyaan pada kolom "Question Title" misalnya Apakah blog ini bermanfaat?
  • Kemudian pada "Help Text" merupakan kalimat pembantu untuk menerangkan permintaan soal.
  • Pada "Question type" klik dan pilih choose from a list, hasilnya nanti akan muncul opsi jawaban yang dapat kita sesuai dengan pertanyaan yang kita buat. Contoh, agar sesuai pertanyaan, maka opsi atas pertanyaan "Apakah blog ini bermanfaat?" adalah Ya atau Tidak

  • Untuk menmbah pertanyaan, klik "add Item" tapi jika sudah selesai, klik "DONE"
  • Hasilnya kita akah melihat laman, angket yang telah kita buat.
  • Kita dapat mengganti tampilan angket dengan klik change theme agar tampilan lebih menarik. Namun, jika sudah merasa cukup, langkah terakhit adalah klik link button SEND FORM. (ini bertujuan agar, angket tersebut dapat ditampilkan, atau kita dapat berbagai angket atau mengirim angket ke beberapa orang.
  • Pada tampilan yang muncul, silah klik embed agar angket dapat kita tampilkan dalam satu laman atau post di blog.
  • Pada laman yang muncul, blok tulisan html pada kolom embed, dan copy. Copyan html embed tadi di paste dalam postingan bolgger kita. Sehingga peserta didik dapat menemukan angket ini.

Pada akhirnya klik done, maka angket telah diposting dalam blog.

No comments:

Post a Comment