Format Daftar Nilai Kelas - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Tuesday, June 6, 2017

Format Daftar Nilai Kelas

Sebagai guru, salah satu tugas penting dalam proses belajar mengajar adalah mengadministrasi penilaian peserta didik. Adapun secara umum, penilaian yang dilakukan oleh seorang guru terdiri dari (1) penilaian afektif, (2) penilaian psikomotorik, dan (3) penilaian kognitif. Ketiga ranah tersebut dikumpulkan dalam tiga jenis penilaian, yaitu (1) penilaian harian, (2) penilaian tengah semester, dan (3) penilaian akhir semester. Ketiga penilaian ini kemudian dihitung dan hasil yang diperoleh sebagai nilai untuk rapor.

Nah, dalam postingan ini, disekolah tempat saya mengajar (SMP Negeri 9 Pematangsiantar), format penilian untuk rapor diperoleh dari rerata nilai harian (UH), nilai Ulangan Tengah Semester (UTS), dan nilai Ujian Akhir Semeter (UAS) dengan persamaan: 2(UH) + UTS + 2(UAS) yang hasilnya kemudian dibagi 5.

Sehingga format daftar nilai yang diperlukan dapat dibuat seperti gambar berikut ini.

Format Daftar Nilai | Sumber: dok. iGenst
Pada gambar, nilai Harian dibuat dalam empat kali penilaian, namun dapat disesuaikan dengan RPP atau KD yang diajarkan oleh guru tersebut.
Nah, untuk memudahkan guru dalam menghitung nilai rapor, guru sebaiknya memanfaatkan teknologi (aplikasi Ms. Excel) dengan menambahkan formula berikut ini.

Pemanfaatan Ms, Excel dalam Daftar Nilai Kelas | Sumber: dok. iGenst

1. Lingkaran hijau 
Untuk rata nilai harian (RT - NH) , ketik formula pada kolom nilai 'Abdi Sanjaya' (H9) dengan mengetikkan =Advance(D9:G9).

Formula Rata Nilai Harian | Sumber: dok. iGenst


2. Lingkaran Biru (RT)
Sesuai dengan persamaan perhitungan yang telah ditentukan diatas, yaitu  persamaan 2(UH) + UTS + 2(UAS) yang hasilnya kemudian dibagi 5. Maka formula yang dapat dituliskan adalah =(2(H9)+I9+2(J9))/5

Formula Rata Nilai Rapor | Sumber: dok. iGenst

3. Lingkaran Merah 
Berhubung dalam penulisan nilai dalam buku Raport tidak menggunakan nilai desimal, maka untuk NR (Nilai Rapor) maka dapat di setting dengan cara - klik kanan - pada nilai kolom nilai NR - kemudian pilih format cell seperti gambar berikut.

Setting Cell agar tidak menggunakan desimal | Sumber: dok. iGenst
4. Lingkaran Ungu
Pada kolom ini merupakan deskripsi ketuntasan belajar siswa berdasarkan nilai yang diperoleh dengan kriteria, Terlampaui (NR > KKM), Tercapai (NR = KKM), dan Tidak Tercapai (NR < KKM). Pada kolom ini kita dapat menggunakan formula =IF(L9="";"";IF(L9=$M$6;"Tercapai";IF(L9<$M$6;"Tidak Tercapai";"Terlampaui"))) dengan catatan, $M$6 diisi dengan nilai KKM.

Deskripsi Ketuntasan Belajar | Sumber: dok. iGenst
Demikian pemanfaatan Ms. Excel dalam memudahkan perhitungan dalam daftar nilai kelas. Perlu juga diketahui, pembuatan daftar nilai kelas dengan menggunakan Ms. Excel memudahkan guru dalam entry nilai rapor di Dapodik.

Unduh file Daftar nilai dalam Ms. Excel (format sesuai dengan daftar nilai SMP Negeri 9 Pematangsiantar semester genap 2016/2017) di sini.

4 comments: