2 | Teknik Penulisan Soal Bentuk Pilihan Ganda (PG) - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Thursday, November 1, 2018

2 | Teknik Penulisan Soal Bentuk Pilihan Ganda (PG)

B. Konstruksi
1. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas.
Contoh soal yang kurang baik:
Persilangan antara tanaman ercis berbiji bulat (Bb) dengan tanaman ercis berbiji kerut (bb) menghasilkan tanaman ercis berbiji bulat. Apabila F1 disilangkan dengan sesamanya, akan diperoleh perbandingan genotip seperti tampak pada diagram berikut.

Jika seluruh tanaman F2 berjumlah 12 pohon, akan diperoleh tanaman ercis berbiji bulat sebanyak ....
A. 100%
B. 75%
C. 50%
D. 25%
Penjelasan:
Perumusan permasalahan dalam stimulus soal tidak jelas karena hasil persilangan antara genotip Bb dengan bb akan menghasilkan filial bergenotip Bb (bulat) dan bb (kerut), tidak ditemukan F2 bergenotip BB. Pokok soal menjadi tidak jelas karena pada pilihan jawaban tidak disajikan jumlah tanaman akan tetapi persentase.

Contoh soal yang lebih baik:
Persilangan antara tanaman ercis berbiji bulat (BB) dengan tanaman ercis berbiji kerut (bb) menghasilkan tanaman ercis berbiji bulat. Apabila F1 disilangkan dengan sesamanya, akan diperoleh perbandingan genotip seperti tampak pada diagram berikut.

Jika seluruh tanaman F2 berjumlah 12 pohon, akan diperoleh tanaman ercis berbiji bulat sebanyak ....
A. 9 pohon
B. 6 pohon
C. 3 pohon
D. 1 pohon
Kunci Jawaban: A

2. Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja.
Contoh soal yang kurang baik:
Tono berteriak dengan suara keras di hadapan tebing yang tinggi. Beberapa detik kemudian terdengar gema yang merupakan bunyi pantul suaranya. Sekiranya Tono mencatat selang waktu antara gema dan teriakannya, dan mengetahui cepat rambat bunyi di udara saat itu maka Tono dapat memanfaatkan bunyi pantul itu untuk mengetahui ....
A. ketinggian tebing yang tinggi dari permukaan laut
B. jarak tebing yang tinggi dari tempat Tono berteriak
C. luas dinding tebing yang tinggi yang dituju Tono
D. kelembaban udara di sekitar tebing yang tinggi
Penjelasan:
Pokok soal dan option di atas terlalu panjang. Ada kalimat yang tidak diperlukan dalam pokok soal sehingga menghabiskan waktu peserta didik membaca pokok soal tersebut. Kalimat ketiga dalam pokok soal dan kata ‘yang tinggi’ pada option tidak perlu, sebaiknya dibuang.
Contoh soal yang lebih baik:
Tono berteriak dengan suara keras di hadapan tebing yang tinggi beberapa detik kemudian terdengar bunyi pantul suaranya. Tono dapat memanfaatkan bunyi pantul tersebut untuk mengetahui ....
A. ketinggian tebing dari permukaan laut
B. jarak tebing dari tempat Tono berteriak
C. luas dinding tebing yang dituju Tono
D. kelembaban udara di sekitar tebing
Kunci Jawaban: B

3. Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban benar.
Contoh soal yang kurang baik:
Perhatikan gambar berikut!

Tiga orang petani pergi ke ladang melewati ruas jalan seperti yang ditunjukkan oleh gambar di atas. Kedalaman jejak kaki C lebih dalam dari jejak kaki B, dan jejak kaki B lebih dalam dari jejak kaki A, ternyata petani yang badannya lebih berat memiliki jejak kaki lebih dalam daripada jejak kaki petani yang kurus. Jika luas penampang kaki mereka sama, perbandingan berat badan petani tersebut adalah ....
A. petani A > petani B > petani C
B. petani A > petani B < petani C
C. petani A < petani B < petani C
D. petani A < petani B > petani C
Kunci Jawaban: C
Penjelasan:
Pada pokok soal di atas ada kalimat yang mengarah ke kunci jawaban sehingga soal tersebut mudahdijawab oleh peserta didik. Kalimat yang mengarah ke kunci jawaban adalah ‘ternyata petani yangbadannya lebih berat memiliki jejak kaki lebih dalam daripada jejak kaki petani yang kurus’. Sebaiknyakalimat tersebut dihilangkan.
Contoh soal yang lebih baik:
Perhatikan gambar berikut!
Tiga orang petani pergi ke ladang melewati ruas jalan seperti yang ditunjukkan oleh gambar di atas. Ternyata kedalaman jejak kaki C lebih dalam dari jejak kaki B, dan jejak kaki B lebih dalam dari jejak kaki A. Jika luas penampang kaki mereka sama, perbandingan berat badan petani tersebut adalah ....
A. petani A > petani B > petani C
B. petani A > petani B < petani C
C. petani A < petani B < petani C
D. petani A < petani B > petani C
Kunci Jawaban : C


4. Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda.
Contoh soal yang kurang baik:
Berikut ini bukan merupakan sifat dari larutan asam, kecuali ....
A. mengubah warna lakmus merah menjadi biru
B. sulit bersenyawa dengan logam
C. memiliki pH kurang dari 7
D. tidak dapat menghantarkan arus listrik
Kunci Jawaban: C
Penjelasan:
Pokok soal di atas menggunakan pernyataan yang bersifat negatif ganda, yaitu menggunakan kata tidak dan kecuali sehingga menyulitkan peserta didik memahami pokok soal.
Contoh soal yang lebih baik:
Berikut ini yang merupakan sifat dari larutan asam adalah ....
A. mengubah warna lakmus merah menjadi biru
B. sulit bersenyawa dengan logam
C. memiliki pH kurang dari 7
D. tidak dapat menghantarkan arus listrik
Kunci Jawaban: C

5. Panjang rumusan pilihan jawaban harus relative sama.
Contoh soal yang kurang baik:
Kandungan bahan kimia detergen adalah senyawa Alkyl Benzena Sulfonat (ABS) yang memiliki sifat polar dan nonpolar. Kutub polar larut dalam air dan bersifat hidrofilik, sedangkan ujung hidrofobik bersifat nonpolar dan mudah larut dalam minyak atau lemak.
Peran ABS saat proses mencuci pakaian adalah ....
A. membunuh kuman
B. menguatkan serat
C. melarutkan kotoran yang menempel pada bahan pakaian
D. memberi wangi pakaian
Kunci Jawaban: C
Penjelasan:
Pilihan jawaban C paling panjang dan merupakan kunci jawaban. Peserta didik kemungkinan
dapat menebak jawabannya dengan benar karena jawaban yang paling panjang
mengandung informasi yang paling lengkap.
Contoh soal yang lebih baik:
Kandungan bahan kimia detergen adalah senyawa Alkyl Benzena Sulfonat (ABS) yang memiliki sifat polar dan nonpolar. Kutub polar larut dalam air dan bersifat hidrofilik, sedangkan ujung hidrofobik bersifat nonpolar dan mudah larut dalam minyak atau lemak.
Peran ABS saat proses mencuci pakaian adalah ....
A. membunuh kuman
B. menguatkan serat
C. melarutkan kotoran
D. memberi wangi pakaian
Kunci Jawaban: C

6. Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan, “Semua pilihan jawaban di atas salah” atau “Semua pilihan jawabandi atas benar”.

Contoh soal yang kurang baik:
Andi melakukan percobaan pemuatan dengan listrik statis menggunakan alat dan bahan seperti pada gambar berikut.

Setelah digosok berulang kali dengan kain (gambar I), penggaris plastik dapat menarik serpihan kertas kecil (gambar II). Hal ini membuktikan bahwa penggaris tersebut menjadi bermuatan listrik ....
A. positif karena telah melepaskan sebagian dari elektronnya
B. positif karena jumlah proton pada penggaris bertambah
C. negatif karena telah melepaskan beberapa elektron dari kain
D. semua pilihan jawaban di atas salah
Kunci Jawaban: D
Penjelasan:
Pada soal tersebut pilihan jawaban berkurang satu dan hanya tiga pilihan jawaban yang dipertimbangkan. Jika semua jawaban di atas salah merupakan kunci jawaban, tidak akan diperoleh informasi yang menunjukkan pemahaman peserta didik tentang jawaban yang benar. Selain itu, opsi D bukanlah materi.
Contoh soal yang lebih baik:
Andi melakukan percobaan pemuatan dengan listrik statis menggunakan alat dan bahan seperti pada gambar berikut.

Setelah digosok berulang kali dengan kain (gambar I), penggaris plastik dapat menarik serpihan kertas kecil (gambar II). Hal ini membuktikan bahwa penggaris tersebut menjadi bermuatan listrik ....
A. positif karena telah melepaskan sebagian dari elektronnya
B. positif karena jumlah proton pada penggaris bertambah
C. negatif karena elektron dari penggaris pindah ke kain
D. negatif karena telah menerima beberapa elektron dari kain
Kunci Jawaban: D

7. Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai angka tersebut atau kronologisnya.

Contoh soal yang kurang baik:
Perhatikan gambar berikut!

Massa anak timbangan berturut-turut: P = 1 kg ; Q = 350 g ; R = 75 g, massa benda X pada pengukuran tersebut agar setimbang adalah ....
A. 1.075 g
B. 575 g
C. 1.975 g
D. 875 g
Kunci Jawaban: D
Penjelasan:
Pilihan jawaban di atas tidak berurutan dari besar ke kecil atau sebaliknya sehingga akan menyita waktu peserta didik. Pilihan jawaban berupa angka harus berurutan untuk mempermudah peserta didik memilih pilihan jawaban.
Contoh soal yang lebih baik:
Perhatikan gambar berikut!

Massa anak timbangan berturut-turut: P = 1 kg ; Q = 350 g ; R = 75 g, massa benda X pada pengukuran tersebut agar setimbang adalah ....
A. 1.975 g
B. 1.075 g
C. 875 g
D. 575 g
Kunci Jawaban: C

8. Gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus jelas dan berfungsi.

Contoh soal yang kurang baik:

Karakteristik lapisan troposfer adalah ....
A. terjadi penurunan suhu 0,6 0C setiap ketinggian bertambah 100 m
B. kenaikan suhu dari -100 0C sampai ribuan derajat celcius
C. suhu udara bertambah tinggi seiring dengan naiknya ketinggian tempat
D. penurunan suhu yang terjadi sebesar 0,4 0C setiap kenaikan 100 m
Kunci Jawaban : A
Penjelasan:
Soal masih dapat dijawab tanpa melihat gambar karena pada pokok soal sudah jelas apa yang ditanyakan. Pada soal tersebut gambar tidak berfungsi.
Contoh soal yang lebih baik:

Karakteristik lapisan 1 seperti pada gambar adalah ....
A. terjadi penurunan suhu 0,6 0C setiap ketinggian bertambah 100 m
B. terjadi kenaikan suhu dari -100 0C sampai ribuan derajat celcius
C. suhu udara bertambah tinggi seiring dengan naiknya ketinggian tempat
D. penurunan suhu yang terjadi sebesar 0,4 0C setiap kenaikan 100 m
Kunci Jawaban : A
9. Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
Contoh soal yang kurang baik:

1. Pada bagian testis terdapat saluran-saluran berbentuk seperti tabung yang disebut ....
A. tubulus kontortus
B. tubulus seminiferus
C. vesikula seminalis
D. kelenjar bulbouretra
Kunci Jawaban: B
2. Bagian yang dimaksud pada soal nomor 1 memiliki fungsi ....
A. menghasilkan cairan bersifat basa
B. menghasilkan makanan bagi sperma
C. menjaga atau menyimpan sperma
D. memberikan suasana basa bagi sperma
Kunci Jawaban: C
Penjelasan:
Soal di atas dapat merugikan peserta didik. Peserta didik yang tidak dapat menjawab dengan benar pada soal nomor 1 pasti akan menjawab salah pada soal nomor 2. Oleh karena itu, soal nomor 2 harus diperbaiki sehingga menjadi soal yang berdiri sendiri.
Contoh soal yang lebih baik:
1. Pada bagian testis terdapat saluran-saluran berbentuk seperti tabung yang disebut ....
A. tubulus kontortus
B. tubulus seminiferus
C. vesikula seminalis
D. kelenjar bulbouretra
Kunci Jawaban: B
2. Fungsi tubulus seminiferus adalah ....
A. menghasilkan cairan bersifat basa
B. menghasilkan makanan bagi sperma
C. menjaga atau menyimpan sperma
D. memberikan suasana basa bagi sperma

Kunci Jawaban: C



sebelumnya 1 | 2 | 3 selanjutnya

1 comment:

  1. Sangat bermanfaat sekali artikelnya, terimakasih banyak

    ReplyDelete