Pembagian Kelompok dan Pemanggilan Random dengan Ms. Excel - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Tuesday, May 5, 2015

Pembagian Kelompok dan Pemanggilan Random dengan Ms. Excel

Pembelajaran Kooperatif belakangan ini dipandang sebagai pembelajaran yang menimbulkan rasa kreatif dan inovatif. Secara mendasar pembelajaran ini menggunakan pembelajaran kelompok dalam ruang kelas. Pada kelompok masing-masing peserta didik dituntun untuk berlatih, bekerja, dan bermain bersama untuk mencapai tujuan bersama.
Pembagian kelompok dalam pembelajaran kooperatif memiliki beberapa tekhnik. Ada yang dilakukan dengan pembagian berdasarkan kemampuan peserta didik, ada juga pembagian kelompok berdasarkan jenis kelamin, dan ada secara random.

Berikut ini dilampirkan file aplikasi pembagian kelompok dengan menggunakan Ms. Excel.

Berikut screenshotnya.



Langkahnya
1. Silahkan Ketikkan/ Copy-Paste/ nama peserta didik di kolom Peserta.
2. Ubah sesuaikan jumlah anggota kelompok sesuai dengan kebutuhan kelompok.
3. Kemudian aktifkan "Macro" (bahasa pemrograman dalam aplikasi ini) caranya klik option, kemudian pada kotak dialok yang muncul pilih "enable" kemudian klik ok.


4. Selanjutnya tinggal klik button "Buat Kelompok Peserta Didik" maka peserta didik akan dibagi sesuai dengan jumlah anggota kelompok yg kita buat di awal tadi. Pada aplikasi ini juga terdapat button untuk memilih peserta didik secara acak. Klik bottun tersebut, maka akan muncul salah satu nama peserta didik.

Demikianlah aplikasi Pembagian Kelompok peserta didik dan Pemanggila secara random dengan Ms. Excel. 

Sekedar tambahan, perlu sedikit trik untuk membagi kelompok sesuai dengan yang kita inginkan. Contoh untuk membagi kelompok berdasarkan jenis kelamin, maka nama-nama yang kita ketikkan adalah jenis kelamin yang sama. Misalnya, untuk membagi kelompok berjenis kelamin Perempuan, maka nama-nama yang kita masukkan adalah nama perempuan.

Download aplikasinya klik disini.

1 comment: