Penulisan Keterangan KKM Secara Otomatis dengan Ms. Excel - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Tuesday, May 5, 2015

Penulisan Keterangan KKM Secara Otomatis dengan Ms. Excel

Pada post Pembuatan Aplikasi Penilaian Raport Secara Mandiri, bagian tabel sebelah kanan terdapat kolom keterangan.


Kolom keterangan tersebut diisi dengan keterangan mengenai ketutansan siswa sesuai dengan KKM masing-masing satuan pendidikan. Keterangan yang diisi dengan TUNTAS atau TIDAK TUNTAS. Tuntas jika nilai yang diperoleh lebih besar atau sama dengan nilai KKM. Tidak Tuntas jika nilai yang diperoleh kurang dari nilai KKM.

Memang jika untuk menuliskan keterangan ini untuk 10-20 orang masih tergolong gampang, namun masalahnya jika yang mau dituliskan lebih dari 100 orang. Untuk itu Ms. Excel perlu memanfaatkan Ms. Excel. Dan sekali lagi, ini bisa menjadi database yang bisa kita gunakan setiap tahun selama format penilaian tidak berubah.

Dalam hal ini, rumus yang kita gunakan adalah rumus IF dalam Ms. Excel. Rumus yang digunakan adalah "=IF(logical_test;[value_if_true];[value_if_false])"

Rumus tersebut dapat diartikan, sebuah kondisi logika yang diuji, jika kondisi benar maka memiliki keterangan positif dan jika salah maka keterangan yang muncul sebaliknya.
Untuk kasus seperti Aplikasi yang kita buat sebelumnnya (contoh gambar diatas), maka rumus yang dapat kita gunakan adalah "=IF(I6<70;"Tidak Tuntas;"Tuntas"  kemudaian tekan ENTER pada keyboard.


Keterangan:
I6 merupakan nilai yang akan dibandingkan dengan KKM
"70" merupakan contoh KKM yang digunakan di sekolah
Keterangan "tidak tuntas" disesuaikan dengan tanda baca matematikanya pada rumus sesuai dengan logika yang diharapkan, karena yang digunakan tanda "<" maka pernyataan benarnya adalah "tidak tuntas" atau keterangan pertama yang ditulis adalah "tidak tuntas" tetapi jika tanda ">" maka keterangan pertama yang ditulis adalah "tuntas" kemudian "tidak tuntas".
(Perlu diingat penulisan rumus selalu awali dengan "=")

Demikian cara pemanfaatan Ms. Excel  dalam penulisan keterangan KKM.

1 comment: