APLIKASI PEMBUAT TEKA TEKI SILANG (TTS) - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Saturday, August 15, 2015

APLIKASI PEMBUAT TEKA TEKI SILANG (TTS)

Teka-teki silang atau disingkat TTS adalah suatu permainan di mana kita harus mengisi ruang-ruang kosong (berbentuk kotak putih) dengan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata berdasarkan petunjuk yang diberikan. Petunjuknya biasa dibagi ke dalam kategori 'mendatar' dan 'menurun' tergantung arah kata-kata yang harus diisi (wikipedia).

Permainan ini juga dapat diterapkan sebagai salah satu media pembelajaran untuk meningkatkan minat dan sekaligus memberikan suasana yang berbeda dalam mengerjakan tes. Namun, guru sering mengalami kendala dalam membuat teka teki silang.

Berikut ini, sebuah aplikasi untuk membuat teka teki silang. EclipseCrossword is the fast, easy, free way to create crossword puzzles in minutes. Aplikasi ini memudahkan guru dalam membuat teka teki silang dalam waktu sangat singkat. Silahkan download aplikasinya:


Jika sudah di download, silahkan install. Setelah terinstall, berikut ini langkah untuk membuat TTS dengan aplikasi ini.

1. Jalankan aplikasi yang telah terinstall melalui shortcut desktop atau dari program


2. Pada awal program, terdapat dua pilihan, (1) untuk membuat file baru, atau (2) untuk mengedit file yang telah ada. Misal kita akan membuat TTS baru, maka klik pada pilihan I would like to start a new crossword, kemudian klik Next (bawah kanan).




3. Pada laman selanjutnya, klik let me create a word list from scratch now kemudian "next"



4. Tahap selanjutnya, masukkan jawaban pada kolom "Word", kemudian pertanyaan "Clue for this word", jika telah memasukkan kata itu, kemudian klik "add word to list" untuk memasukkan kata kedalam bagian yang akan dimasukkan dalam TTS. Lakukan beberapa kali sesuai dengan yang diinginkan, kemudian klik "Next"




5. Pada tahap selanjutnya, kita akan ditanya untuk menyimpan atau tidak pekerjaan ini, jika ingin menyimpan pilih 'yes', jika tidak pilih 'no'.



6. Pada langkah selanjutnya kita mengisi atribut untuk TTS ini, seperti judul TTS dan editornya. Kemudian klik "Next"




7. Tahap selanjutnya, silahkan isi jumlah kotak yang akan dibuat. Misalnya, mendatar 10 dan menurun 10. Kemudian "Next"




8. Pada tahap selanjutnya, kita telah disuguhkan bentuk TTS yang telah jadi, Kemudian klik "Next" untuk mencetak atau beberapa Output lainnya. Terdapat empat pilihan, yaitu (1) print out, (2) dalam bentuk word (*.doc), (3) bentuk web (*.html), dan (4) Rich text format. (*.rtf)




Demikian uraian singkat langkah-langkah pembuatan TTS dengan menggunakan aplikasi Eclipse Crossword

No comments:

Post a Comment