MAU JADI PNS GURU? INI SYARATNYA. - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Tuesday, August 18, 2015

MAU JADI PNS GURU? INI SYARATNYA.

Mulai tahun depan (2016) pemerintah menerapkan sistem baru rektrutmen guru PNS. Selama ini perekrutan guru PNS disamakan dengan perekrutan PNS pada umumnya. Sehingga perekrutan guru PNS kurang begitu optimal, karena guru yang lulus berdasarkan kompetensi umum. Celakanya lagi ada orang yang memilih jadi guru, karena tidak diterima melamar kerja di mana-mana. Sehingga di lapangan banyak guru PNS yang bekerja tidak dengan kualifikasi sebagai seorang guru professional. Ujungnya proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, mulai tahun depan rekrutmen guru PNS wajib mengikuti program PPG. Wujud program PPG adalah praktek mengajar di daerah pedalaman (SM3T) dan pendidikan di asrama mengikuti program sarjana mengajar di daerah terluar, tertinggal, dan terdepan (SM3T) serta pendidikan asrama dahulu. Denagn cara ini, guru lulusan program PPG tidak hanya memiliki kompetensi pedagogik atau keilmuan guru semata. Tetapi juga memiliki kompetensi kepribadian dan kepedulian sosial.

Selain itu, rekrutmen cara ini, pemerintah ingin memetakan kebutuhan guru baru secara nasional. Pemerintah mengaharapkan melalui kampus lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) membuka seleksi peserta PPG. Jumlah yang diterima PPG ini disesuaikan dengan kebutuhan nasional.

Sumber:
#Ditjen Dikdas

No comments:

Post a Comment