Presenter View Powerpoint dan Keuntungannya. - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Friday, May 12, 2017

Presenter View Powerpoint dan Keuntungannya.

Media pembelajaran berbasis komputer sudah sangat berperan penting dalam proses belajar mengajar saat ini. Pemanfaatan teknologi dalam media pembelajaran diantaranya mulai dari yang gampang untuk dibuat seperti Ms. office dan hingga ke tingkat sukar, seperti flash, atau web (online).

Salah satu  media pembelajaran berbasis komputer yang paling banyak digunakan pada saat ini yaitu Ms. Powerpoint. 

Namun, pada postingan kali ini, admin tidak membahas cara pembuatan media pembelajaran dengan powerpoint (karena admin menganggap bapak/ibu guru sudah mahir dalam pembuatannya, kecuali ada yang meminta dalam kolom komentar).

***

Dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan powerpoint, secara umum, guru menampilkan media powerpoint secara default. Untuk tampilan default biasanya komputer (PC)/ laptop jika terhubung dengan proyektor akan tampil seperti berikut.


Tampilan tersebut merupakan pengaturan project display DUPLICATE. Dari namanya duplicate (ganda), yang berarti apa yang tampil pada monitor PC/ laptop maka itu yang akan tampil pada layar tambahan (projector). Jika tidak teliti, hal ini cukup mengganggu seorang guru ketika akan memulai pembelajaran dengan menggunakan powerpoint.
Contoh, mungkin sebelum mengajar menggunakan media powerpoint, guru baru saja melihat gmabar/ video, atau membuka daftar nilai, atau segala sesuatu yang ada dalam komputernya, dan ternyata lupa untuk menutupnya. Maka ketika menyambungkan laptop dengan proyektor, tampilan yang dilihat tadi akan muncul di layar dan dapat di lihat peserta didik.

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya tampila project (display) diubah menjadi EXCTEND. Pada tampilan sepert ini, ikon pada desktop pada layar proyektor tidak akan tampil. Ini menunjukkan apa yang kita buka pada laptop tidak akan tampil secara otomatis.

Nah, untuk menggunakan powerpoint dalam setingan ini, maka ada pengaturan view yand sedikit dirubah.

Caranya
Pada media powerpoint cari menu slideshow (lingkaran merah) kemudai centang pada kotak use presenter view (lingkaran hijau) seperti yang ada pada gambar berikut.


Berikut perbandingan gambar tampilan dengan use presenter view dan tidak menggunakan presenter view.

Tampilan default powerpoint (tidak menggunakan presenter view)

Tampilan powerpoint dengan use presenter view
Keunggulan menggunakan use presenter view
  1. Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, maka dengan use presenter view tampilan pada layar laptop akan berbeda dengan monitor tambahan. Sehingga guru dapat dengan bebas mengedit powerpoint tanpa mengganggu siswa melihat slide  yang sedang ditampilkan.
  2. Guru dibantu untuk mengingat topik selanjutnya yang ditampilkan pada menu next slide pada tampilan sebelah kanan.
  3. Notes pada tampilan dibawah next slide (sebelah kanan) merupakan tampilan untuk menampilkan catatan kaki yang kita telah kita buat sebelum menampilkan powerpoint. Biasanya notes ini berisikan keterangan yang lebih panjang lebar dibandingkan yang ditampilkan pada slide utama.
  4. Timer merupakan waktu yang telah dihabiskan dalam menyampaikan materi. Fungsi timer ini juga memudahkan guru untuk menyesuaikan alokasi waktu yang telah dibuat guru pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan waktu real ketika mengajar.
  5. Posisi slide yang ditampilkan. Pada bagian ini ditampilkan urutan slide dari  jumlah slide yang akan ditampilkan.
  6. Beberapa menu lain yang bisa dimanfaatkan seperti menampilkan layar blank, yang dapat digunakan ketika guru tidak ingin menyampikan materi untuk waktu yang singkat. Pointer menarik yang dapat diubah menjadi pensil atau bentuk dot laser.
Ada beberapa fungsi lagi yang dapat guru pergunakan (silahkan eksplore sendiri) pada tampilan use presenter view.
Demikian pemanfaatan use presenter view pada media pembelajaran powerpoint untuk membantu guru dalam menampilkan materi pembelajaran.

Terima kasih, semoga bermanfaat.
Jika ada yang kurang jelas, boleh ditanyakan lewat contact us atau kolom komentar dibawah ini.

No comments:

Post a Comment