KETIKA INTEGRITAS SEKOLAH DIUKUR DENGAN UJIAN NASIONAL - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Friday, June 19, 2015

KETIKA INTEGRITAS SEKOLAH DIUKUR DENGAN UJIAN NASIONAL

Ujian Nasional (UN) untuk SD, SMP, dan SMA telah berlalu. Ada hal yang menarik dari hasil yang diumumkan. UN Tahun 2015 tidaklah menjadi faktor yang peling menentukan dalam kelulusa peserta didik dari jenjang yang diikutinya. Berulangkali Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menekankan UN 2015 sebagai awal pemetaan pendidikan di Indonesia.

Sebagai hasilnya, UN 2015 tidak hanya mengumumkan nilai yang diraih oleh peserta didik, tetapi juga kejujuran sekolah dalam mengerjakan soal UN 2015. Tingkat kejujuran ini dituang dalam Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN). Kriterian dalam menentukan IIUN adalah pola jawaban peserta didik dalam mengerjakan soal UN. IIUN merupakan tingkat persentase jawaban siswa yang tidak menunjukkan pola kecurangan. Pola kecurangan yang dimaksud adalah gabungan persentase contek-mencontek antar siswa (kecurangan antar individu) dan persentase keseragaman pola jawaban soal Ujian Nasional (kecurangan sistemik/terorganisir) dalam suatu sekolah.
Dari hasil IIUN 2015, Kemdikbud mengumukan 7 provinsi dengan nilai IIUN tertinggi  untuk tingkat SMA/ sederajat. Peringkat pertama indeks integritas tertinggi diperoleh DI Yogyakarta (79,52), kemudian peringkat kedua dan selanjutnya secara berurutan diraih Bangka Belitung (77,79), Kalimantan Utara (74,14), Bengkulu (73,69), Nusa Tenggara Timur (73,12), Kepulauan Riau (72,44), dan Gorontalo (67,78). Sementara rerata untuk IIUN secara nasional adalah sebesar 63,28.
Untuk Provinsi Umatera Utara IIUN 2015 sebesar 50,22, dengan IIUN tertinggi diraih oleh Kota Sibolga (70,39). Secara lengkapnya berikut daftar IIUN 2015 untuk Provinsi Sumatera Utara Tingkat SMA/ Sederajat.
Nah, setelah ini diumumkan, apakah tindak lanjutnya? Patut dinantikan. Semoga paradigma tentang Ujian Nasional berubah. Semoga arah yang dicari tidak hanya hasil ujian tetapi juga karakter yang kuat. Ini membawa pendidikan di Indonesia menghasilkan generasi yang kuat dalam bidang akademik dan diiringi karakter yang kuat.
Downlaod hasil lengkap IIUN 2015 untuk semua Provinsi << disini >>.
Sumber : 

No comments:

Post a Comment