KISI-KISI TES MASUK PEGAWAI PEMERINTAH dengan PERJANJIAN KERJA (PPPK) - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Friday, February 22, 2019

KISI-KISI TES MASUK PEGAWAI PEMERINTAH dengan PERJANJIAN KERJA (PPPK)

Sesuai dengan PermenPAN-RB No. 2 Tahun 2019 Tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja Untuk Guru, Dosen, Tenaga Kesehatan, Dan Penyuluh Pertanian, pada Bagian Keempat Seleksi, tahapan pelaksanaan seleksi meliputi, (1) Seleksi Administrasi, (2) Seleksi Kompetensi (dengan CAT), (3) Wawancara (dengan CAT).

Seleksi Kompetensi yang dimaksudkan sesuai dengan Undan-Undang No. 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara. Adapun materi ujian PPPK Tahap 1 Tahun 2019 ini, meliputi
1. Kompetensi Teknis
2. Kompetensi Manejerial
3. Kompetensi Sosial Kultural

1. Kompetensi Teknis
Kompetensi Teknis adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis Jabatan. Kompetensi teknis yang diukur dari tingkat dan spesialisasi pendidikan, pelatihan teknis fungsional, dan pengalaman bekerja secara teknis.

Berikut ini beberapa contoh latihan soal kompetensi teknis.


2. Kompetensi Manejerial
Kompetensi Manajerial adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola unit organisasi. Kompetensi manajerial yang diukur dari tingkat pendidikan, pelatihan struktural atau manajemen, dan pengalaman kepemimpinan.

Berikut ini beberapa contoh latihan soal kompetensi manejerial


3. Kompetensi Sosial Kultural
Kompetensi Sosial Kultural adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi oleh setiap pemegang Jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi dan Jabatan. Kompetensi sosial kultural yang diukur dari pengalaman kerja berkaitan dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku, dan budaya sehingga memiliki wawasan kebangsaan.

Berikut ini beberapa contoh latihan soal kompetensi sosial kultural


Demikian kisi-kisi tes masuk PPPK. Semoga bermanfaat.

Lampiran

No comments:

Post a Comment