Setiap tahun Kemdikbud selalu mencari guru berprestasi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia. Banyak yang sering bertanya, hal apa saja yang menjadi kriteria untuk menjadi guru berprestasi. Kriteria untuk menjadi guru berprestasi sesungguhnya sudah sering disampaikan, yaitu terdapat dalam Penilaian Kinerja Guru (PKG). Untuk menjadi guru berprestasi, seorang guru harus memilki 4 kompetensi, yaitu (1) Kompetensi Pedagogik, (2) Kompetensi Kepribadian, (3) Kompetensi Sosil, dan (4) Kompetensi Profesional. Pada masing-masing kompetensi terdapat beberapa indikator yang harus dicapai untuk menjadi guru yang berprestasi. Berikut ini kriteria untuk menjadi guru berprestasi di Indonesia (berdasarkan butir Penilaian Kinerja Guru).
1. KOMPETENSI PEDAGOGIK
A. Mengenal Karakteristik Peserta didik.
Indikator:
- Guru mampu mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya
- Guru memberikan kesempatan yang sama bagi semua peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran
- Guru mampu mengatur kelas untuk memberikan kesempatan yang sama bagi semua peserta didik yang memiliki kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda
- Guru menganalisi penyebab penyimpangan perilaku peserta didik agar tidak merugikan peserta didik lainnya
- Guru mengembangkan potesi dan mengatasi kekurangan peserta didik
- Guru memberikan perhatian kepada peserta didik dengan kelamahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tidak merasa tersisihkan
B. Menguasai Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran yang Mendidik
Indikator:
- Guru meberikan kesempatan kepada Peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran melalui proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi
- Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berdasarkan tingkat pemahaman tersebut
- Guru mampu menjelaskan alasan kegiatan pembelajaran yang dilakukannya terkait dengan keberhasilan pembelajaran
- Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotivasi kemauan belajar peserta didik
- Guru menrencanakan kegiatan pembelajaran dengan memerhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik
- Guru memerhatikan respon peserta didik yang kurang memahami untuk memerbaiki rancangan berikutnya
C. Pengembangan Kurikulum
Indikator:
- Guru mampu menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum
- Guru merancang pembelajaran yang sesuai dengan silabus
- Guru mengikuti urutan pembelajaran dengan memerhatikan tujuan pembelajaran
- Guru memilih materi pembelajaran yang (1) sesuai dengan tujuan, (2) tepat dan mutakhir, (3) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik, (4) dapat dilaksanakan di kelas dan (5) sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari
D. Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
Indikator:
- Guru melaksanakan pembelajaran sesuai rancangan yang telah disusun secara lengkap
- Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran yang bertujuan membantu proses belajar peserta didik
- Guru mengkomunikasikan informasi baru sesuai dengan usia dan kemampuan belajar peserta didik
- Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran
- Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dengan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari
- Guru melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi
- Guru mengelola kelas secara efektif tanpa mendominasi dengan kegiatannya sendiri
- Guru mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas
- Guru memberikan banyak kesempatan bertanya dan beriteraksi dengan peserta didik lain
- Guru melakukan kegiatan pembelajaran yang sistematis untuk membantu proses belajar peserta didik
- Guru mampu menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau audio-visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran
E. Memahami dan Mengembangkan Potensi
Indikator:
- Guru menganlisis hasil belajar untuk mengetahui tingkat kemajuan peserta didik
- Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pemebalajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan pola belajar masing-masing
- Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pemebalajaran untuk memunculkan daya kreativitas dan kemampuan berfikir kritis peserta didik
- Guru secara aktif membantu peserta didik dalam proses pembelajaran
- Guru mampu mengidentifikasi bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar peserta didik
- Guru memberikan kesempatan belajar kepada peserta didik sesuai dengan cara belajarnya masing-masing
- Guru memerhatikan interaksi dengan peserta didik untuk memahami dan menggunakan informasi yang disampaikan
F. Komunikasi dengan Peserta didik
Indikator:
- Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik
- Guru memerhatikan dan mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta didik tanpa menginterupsi kecuali jika diperlukan untuk membantu mengklarifikasi pertanyaan/ tanggapan
- Guru menanggapi pertanyaan peserta didik secara tepat, benar dan mutakhi sesuai dengan tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa mepermalukannya
- Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerjasama yang baik antar peserta didik
- Guru memerhatikan semua jawaban peserta didik untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik
- Guru memerhatikan terhadap pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan kebingungan pada peserta didik
G. Penilaian dan Evaluasi
Indikator:
- Guru menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
- Guru melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik dan jenis penilaian
- Guru menganalisis hasil penilaian untuk mengindentifikasi topik/ kompetensi dasar yang sulit untuk keperluan remedial dan pengayaan
- Guru memanfaatkan masukan dari peserta didik dan merefrelsikannya untuk meningkatkan pembelajaran selanjutnya.
2. KOMPETENSI KEPRIBADIAN
A. Bertindak sesuai dengan Norma Agama, Hukum, Sosial dan Kebudayaan Nasional Indonesia
Indikator:
- Guru menghargai dan mempromosikan prinsip-prinsip pancasila sebagai dasar ideologi dan etika bagi semua warga Indonesia
- Guru mengembangkan dan membina kerjasa dengan teman sejawat tanpa memerhatikan perbedaan yang ada
- Guru saling menghormati dan menghargai teman sejawat
- Guru memiliki rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia
- Guru mempunyai pandangan yang luas tentang keberagaman bangsa Indonesia
B. Menunjukkan Pribadi yang Dewasa dan Teladan
Indikator:
- Guru bertingkah laku sopa dalam berbicara, berpenampilan, dan berbuat terhadap semua peserta didik, orang tua, dan teman sejawat
- Guru mau membagi pengalamannya dengan teman sejawat
- Guru mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta didik
- Guru bersikap dewasa dalam menerima masukan dari peserta didik
- Guru berperilaku baik untuk mencitrakan nama baik sekolah
C. Etos Kerja, Tanggung Jawab yang tinggi, dan Rasa Bangga menjadi Guru
Indikator:
- Guru mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu
- Jika meninggalkan kelas, guru mengaktifkan siswa dengan melakukan hal-hal produktif terkait dengan mata pelajaran
- Guru memenuhi jam mengajar dan dapat melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar berdasarkan ijin dan persetujuan pengelola sekolah
- Guru memberitahu lebih awal, dengan memberikan alsaan yang sah jika tidak menghadiri kegiatan yang direncanakan termasuk proses pembelajaran di kelas
- Guru menyelesaikan semua tugas adminsitratif dan non-pembelajaran dengan tepat waktu sesuai standar yang ditetapkan
- Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk ekgiatan produktif terkait dengan tugasnya
- Guru memberikan kontirbusi terhadap perkembangan sekolah
- Guru merasa bangga dengan prestasinya sebagai guru
3. KOMPETENSI SOSIAL
A. Bersikap Inklusif, Bertindak Objektif, Serta Tidak Diskrimatif
Indikator:
- Guru memerlakukan semua peserta didik secara adil
- Guru menjaga hubungan baik dan peduli dengan teman sejawat (bersifat inklusif)
- Guru sering berinteraksi dengan peserta didik
B. Komunikasi dengan Sesama Guru, Tenaga Pendidikan, Orang Tua, Peserta Didik, dan Masyarakat
Indikator:
- Guru menyampaikan informasi tentang kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik kepada orang tuanya
- Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan di luar pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah dan masyarakat
- Guru memerhatikan sekolah sebagian bagian dari masyarakat, berkumunikasi dengan masyarakat, serta berperan dalam kegiatan sosial di masyarakat
4. KOMPETENSI PROFESIONAL
A. Penguasaan Materi Struktur Konsep dan Pola Pikir Keilmuan yang Mendukung Mata Pelajaran yang diampu
Indikator:
- Guru melaksanakan pemetaan standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya, untuk mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu yang diperlukan
- Guru menyertakan informasi yang tepat dan mutakhir dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
- Guru menyusun materi, perencanaan, dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat, mutakhir, dan yang mebantu peserta didik untuk memahami konsep materi pembelajaran
B. Mengembangkan Keprofesian Melalui Tindakan Reflektif
Indikator:
- Guru melakukan evaluasi diri secara spesifik, lengkap, dan didukung dengan contoh pengalaman diri sendiri
- Guru memiliki jurnal pembelajaran, catatan masukan dari teman sejawat, dan hasil penilaian
- Guru memanfaatkan gambaran kinerjanya untuk mengembangkan pembelajaran dalam program Pengembangan Koprefesian Berkelanjutan (PKB)
- Guru dapat mengaplikasikan pengalaman PKB dalam tindak lanjut pembelajaran
- Guru melakukan penelitian, mengembangkan karya inovasi, mengikuti kegiatan ilmiah (misalnya seminar, konferensi) dan aktif dalam pelaksanaan PKB
- Guru mampu memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan pelaksanaan PKB.
Demikianlah kriteria dan persyaratan untuk menjadi guru berpresatasi.
#Lampiran 1B Penilaian Kinerja Guru (PKG) Guru Mata Pelajaran
No comments:
Post a Comment