TIPS UNTUK SUKSES BELAJAR ALA PROF. YOHANNES SURYA - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Wednesday, June 17, 2015

TIPS UNTUK SUKSES BELAJAR ALA PROF. YOHANNES SURYA

Prof. Yohannes Surya terkenal dengan prestasi yang mendunia. Beliau sering belajar membawa peserta Olimpiade Indonesia bidang Fisika ke tingkat dunia dan meraih medali emas. Berdasarkan pengalaman dalam membimbing olimpiade, Porf. Yohannes Surya menuangkan ide pembelajaran melalui buku yang berjudul Mestakung. Di dalam buku tersebut, terdapat tiga hal pesan positif yang dapat diterapkan dalam dunia pembelajaran, yaitu:

  1. Saat krisis selalu ada jalan keluar
  2. Ketika melangkah, kita akan melihat jalan keluar
  3. Ketekunan akan berbuah keberhasilan
Dalam video ini (lihat videonya dibawah), beberapa tips sukses dalam belajar, 
Tips #1. Cari Ilmunya Bukan Nilainya
Misalnya dalam bidang Matematika, gak suka tetapi punya tekad mendapatkan nilai bagus. Sudah belajar dengan giat, tetapi tetap saja tidak mencapai tujuannya.
Kebayakan pelajar mengerjakan soal apa yang disuruh guru. Sebaiknya cari buku sebanyak-banyaknya baik yang ada diperpustakaan sekolah atau dari tempat lain dan kerjakan soal-soal yang ada. Jadi bukan hanya soal yang diberikan soal leh guru, tetapi diluar itu kerjakan juga. Kalau mau sukses, belajar untuk mencari ilmu bukan belajar mencari nilai. Cari waktu belajar lebih lama, nanti pasti akan ada jalan.
Tips #2. Tekun dalam Berjalan
Jika mempunyai visi untuk sesuatu hal yang besar. Tetapi untuk mencapainya selalu ada masalah yang datang.

Untuk memulai satu hal yang besar, awalnya kita dalam kegelapan. Itu hal yang biasa. Tetapi melangkah saja, nanti akan kelihatan jalan. Nah masuki setiap jalan yang kelihatan sekalipun itu jalan buntu. Masuki jalan tersebut satu persatu dengan tekun, jangan ada yang dilewati. Nanti akan ada satu jalan yang tembus, begitu tembus, itu akan membuka semua.
Terakhir Prof. Yohannes Surya memberikan pesan untuk berhasil, yaitu
  1. Miliki visi (tujuan)
  2. Miliki keyakinan untuk mencapai visi (tujuan) tersebut
  3. Tekun untuk mengejar visi tersebut.


No comments:

Post a Comment