6 (ENAM) CARA SUKSES SEBAGAI GURU BAGI SEORANG GURU BARU - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Wednesday, June 17, 2015

6 (ENAM) CARA SUKSES SEBAGAI GURU BAGI SEORANG GURU BARU

Seorang guru baru seringkali dianggap sesorang yang masih dianggap kurang pengalaman. Anggapan ini sering mengakibatkan guru tersebut gagal menunjukkan kemampuan terbaik yang ia miliki bahkan akan merasa tertekan dengan situasi sampai akhirnya memengaruhi kinerjanya.

Disamping tekanan tersebut, seringkali kegagalan seorang guru baru dikarenan manajemen waktu yang buruk, seperti mengerjakan RPP dan tugas-tugas yang berkaitan dengan pengajaran di waktu yang sangat larut,  dan juga seringkali ada gangguan dari hal-hal yang bersifat pribadi.

Berikut ini 6 langkah yang dapat diikuti seorang guru supaya dengan mudah mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

1. Mulailah hari pertama dengan benar dan datang lebih awal ke sekolah
Datang ke sekolah lebih cepat menunjukkan Anda sebagai guru yang disiplin. Selain itu datang lebih awal, memudahkan Anda beradaptasi dengan lingkungan, dan akan banyak hal lain yang dapat dicapai jika ada orang lain disekitar Anda

2. Rencanakan untuk berkumpul dengan team guru satu mata pelajaran
Melalui diskusi dengan guru-guru mata pelajaran yang sama, akan membantu Anda dalam menyusun RPP. Seringkali guru baru membuat RPP dari hasil unduh secara online tanpa memahami isinya. Jadi, dengan bermusyawarah dengan guru satu mata pelajaran akan meningkatkan pemahaman dan penguasaan dalam menyusun dan melaksanakan pembelajaran yang baik.

3. Bertemu dengan Mentor secara teratur
Pengamalaman menunjukkan disekolah sangat jarang disediakan mentor untuk guru-guru baru. Tetapi untuk seorang guru baru, mintalah petunjuk dari ketua MGMP sesuai bidang studi yang diajarkan. Anggaplah Ketua MGMP sebagai mentor, karena seorang ketua MGMP tentunya dipilih dan diangkat karena kemampuannya menguasai pembelajaran mata pelajaran tersebut. Atau guru-guru senior yang sudah berpengalaman dapat dijadikan mentor untuk guru baru.

4. Berikan Lembar Kerja yang baik bagi siswa
Seringkali guru baru mengajar dengan kemampuan verbal yang ia kuasai. Sehingga pembelajaran berpusat pada guru dan mengakibatkan siswa merasa bosa. Ada baiknya pembelajaran dilengkapi dengan lembar kerja, sehingga mengajak siswa untuk kreatif belajar sesuai dengan gaya belajar mereka masing-masing. Ini akan mengarahkan pembelajaran yang berpusat pada siswa.

5. Ciptakan hubungan yang bermakna dengan siswa
Seringkali diawal pembelajaran semua peserta akan merasa kaku dengan guru yang baru. Tampaknya suasana belajar akan tenang cenderung diam. Namun, suasana tenang yang seperti ini tidak menunjukkan suasana pembelajaran yang baik. Oleh karena itu, ciptakan hubungan yang bermakna, seperti belajar sambil bermain, sehingga siswa akan merasa nyaman dan menimbulkan minat untuk belajar.

6. Organisasikan pembelajaran sesuai dengan RPP dan tingkatan
Untuk mencapai keberhasilan dalam mengajar, sebaiknya seorang guru baru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana  pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah disusun. Hindari untuk melakukan pembelajaran yang tidak sistematis atau sesuai dengan keinginan hati.




Sumber: University of Houston Clear Lake INST 5835

No comments:

Post a Comment