MEDIA PEMBELAJARAN IPA SECARA ONLINE MAUPUN OFFLINE TERLENGKAP DAN GRATIS - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Wednesday, March 2, 2016

MEDIA PEMBELAJARAN IPA SECARA ONLINE MAUPUN OFFLINE TERLENGKAP DAN GRATIS

Pembelajaran IPA sebaiknya diajarkan secara kontekstual untuk memudahkan peserta didik untuk memahaminya. Namun, banyak guru yang mengalami kesulitan dalam menyampaikan IPA agar muda untuk dipahami. Belum lagi kendala perlengkapan sarana dan prasarana dalam laboratorium ynag masih sangat kurang. Sehingga membuat pembelajaran semakin terasa sulit.

Kali ini, saya ingin meriview sebuah aplikasi (simulasi) sebagai media pembelajaran IPA yang dapat digunakan secara onlin maupun offline, sehingga sedikit banyaknya membantu mengatasi keterbatasan saran dan prasarana dalam melaksanakan praktikum.

PhET merupakan simulasi Matematika dan Ilmu Pengetahuan yang menyenangkan, gratis dan interaktif. PhET merupakan sebuah hasil pengembangan oleh University of Colorado. PhET bersifat open source, sehingga sangat membantu para guru dan siswa dalam memahami pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan.

Tayangan Pengenalan PhET

Seperti yang dituliskan dalam judul tulisan review ini, PhET dapat diakses secara online maupun offline. Untuk secara online, seorang guru atau pelajar tidak perlu untuk melakukan install aplikasi, cukup hanya mengaksesnya laman PhET yaitu https://phet.colorado.edu/ melalui PC yang terhubung dengan jaringan internet melalui browser yang terdapa pada PC seperti chrome, mozilla, opera, dan lain sebagainya.

Pada laman yang terbuka, akan muncul link text - Play with simulation. Kemudian kita akan disajikan laman yang berisi simulasi-simulasi yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan.

Salah satu contoh simulasi dari PhET.

Untuk cara offline, guru atau perlu menginstall aplikasi simulasi yang dapat di unduh dengan mengklik link text - offline access. Pada laman yang disajikan, guru atau pelajaran akan diajukan tiga unduhan yang disesuaikan dengan keperluan guru atau pelajar tersebut. Pilihan itu antara lain, untuk PC (Desktop), Chromebook, atau iPad.
Untuk PC (desktop) berbasis windows dapat diakses/ diunduh langsung disini (sebesar 1,7 Gb tertanggal tulisan ini di publikasikan.

Jika, aplikasi tersebut terlalu besar, guru dan pelajar dapat memilih satu persatu topik yang ingin dipelajari secara simulasi yang disajikan pada laman tersebut.

Demikian review secara singkat mengenai aplikasi media pembelajaran IPA secara lengkap. Untuk lebih jelasnya silahkan akses alaman PhET yang telah disajikan diatas. 
Perlu diingat, ketika mengunduh, pastikan aplikasi (flash/ simulasi) yang akan diunduh sesuai dengan tipe gadget yang digunakan untuk membuka file tersebut.



1 comment: