[Excel] Legger - DKN - Raport in One App - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Friday, February 23, 2018

[Excel] Legger - DKN - Raport in One App

Salah satu tugas sekolah adalah mengumpulkan dan melaporkan hasil evaluasi siswa yang dilakukan oleh guru sebagai bahan pertimbangan dalam kelulusan maupun kenaikan kelas siswa tersebut. Untuk itu, pihak sekolah bagian akademik akan mengumpulkan hasil penilaian (evaluasi) yang telah dilakukan selama semester berjalan yang dilakukan oleh masing-masing guru. Pengelolaan nilai pembelajaran dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan aplikasiberdasarkan Nilai Harian (NH), Nilai Ulangan Tengah Semester (N UTS), dan Nilai Ulangan Akhir Semester (N UAS).  (Lihat: Pembuatan Aplikasi Penilaian Raport Siswa dengan Ms. Excel Secara Mandiri).

Kemudian pihak sekolah akan memberikan tugas kepada walikelas untuk mengadministrasi hasil tersebut dan membuat laporan (Raport) yang akan dibagikan kepada siswa (orangtua siswa) sebagai kesimpulan atas pembelajaran siswa tersebut selama satu semester berlangsung. Untuk itu, postingan ini bertujuan untuk memudahkan Bapak/ Ibu Walikelas dalam mengadministrasi nilai-nilai yang diperoleh siswa dan sekaligus memproduksi laporan (raport) yang akan dibagikan kepada siswa.

Aplikasi ini digunakan untuk sekolah yang menggunakan Kurikulum KTSP.

Pertama silahkan unduh aplikasinya disini (klik disini).

Setelah mengunduh aplikasi (selanjutnya di buka), maka data pertama yang harus diisi oleh wali kelas berada pada sheet "Data"

Tampilan Sheet Data | Sumber: Dok. iGenst
Maka data yang diisikan adalah, data walikelas, KKM, dan daftar nama siswa.

Kemudian walikelas mengisi nilai-nilai yang diperoleh dari guru-guru yang masuk dikelasnya pada Sheet "Ganjil" jika semester yang berlangsung adalah semester ganjil atau  Sheet "Genap" jika semester yang berlangsung adalah semester genap. 

Tampilan Sheet Ganjil | Sumber: Dok. iGenst
Untuk pengisian NIS/ NISN dan Nama sudah terisi secara otomatis sesuai dengan data pada sheet "Data". Maka yang perlu diisikan adalah kolom H (Nilai Harian), T (Nilai UTS), dan A (Nilai UAS). Untuk N (Nilai Raport) akan terisi secara otomatis.

Setelah pengisian benar dan lengkap. Walikelas dapat mencetak data pada Sheet "Legger 1" sebagai legger pada semester ganjil, dan Sheet "Legger 2" sebagai legger pada semester genap.

Tampilan Sheet Ganjil | Sumber: Dok. iGenst
Sama halnya dengan legger, pada aplikasi ini walikelas juga dapat mencetak Daftar Kumpulan Nilai (DKN) dan raport melalui menu Sheet "DKN" dan Sheet "Raport".

Namun untuk mencetak raport, walikelas harus mencetaknya satu persatu sesuai jumlah siswa, caranya dengan memilih siswa melalui klik tanda panah atas bawah scrolling button dan mencetaknya seperti biasa.

Scrolling Button pada Sheet Raport
Demikianlah postingan ini kiranya dapat membantu Bapak/ Ibu Walikelas. 

No comments:

Post a Comment