Fungsi Terbilang (No Add-Ins) - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Tuesday, February 20, 2018

Fungsi Terbilang (No Add-Ins)

Sesuai dengan postingan sebelumnya, Fungsi (Add-Ins) Terbilang, postingan ini menginformasikan formula (fungsi) pada Ms. Excel untuk membantu dalam menyebutkan angka pada cell tertentu menjadi huruf pada cell lainnya.


Namun pada postingan kali ini berbeda dengan postingan sebelumnya. Jika pada postingan Fungsi (Add-Ins) Terbilang, agar menggunakan fungsi tersebut perlu diunduh terlebih dahulu dan di install pada aplikasi Ms. Excel. Namun pada psotingan ini, tidak menggunakan Add-Ins, melainkan memanfaatkan formula yang terdapat dalam Ms. Excel itu sendiri.

Fungsi yang digunakan merupakan kombinasi fungsi IF dan MID. Perhatikan tanda merah pada gambar berikut ini.


Untuk memunculkan Huruf (Sembilan Puluh) pada Cell I8, maka pada Cell I8 tersebut, dapat dituliskan rumus:

=IF(MID(H8;1;1)="6";"Enam puluh ";IF(MID(H8;1;1)="7";"Tujuh puluh ";IF(MID(H8;1;1)="8";"Delapan puluh ";IF(MID(H8;1;1)="9";"Sembilah puluh ";""))))&IF(MID(H8;2;1)="1";"satu";IF(MID(H8;2;1)="2";"dua";IF(MID(H8;2;1)="3";"tiga";IF(MID(H8;2;1)="4";"empat";IF(MID(H8;2;1)="5";"lima";IF(MID(H8;2;1)="6";"enam";IF(MID(H8;2;1)="7";"tujuh";IF(MID(H8;2;1)="8";"delapan";IF(MID(H8;2;1)="9";"sembilan";"")))))))))

Rumus diatas disesuaikan dengan cell yang tepat disamping cel yang berisikan angka. Demikian pengkombinasiaan fungsi pada Ms. Excel untuk memunculkan redaksi pada angka teretntu.

No comments:

Post a Comment