Plickers || Cara Asyik dalam Kegiatan Ulangan Harian - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Monday, October 22, 2018

Plickers || Cara Asyik dalam Kegiatan Ulangan Harian

Salah satu bagian penting dari proses belajar mengajar adalah tahap evaluasi. Evaluasi bertujuan untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran dan kompetensi yang telah dicapai oleh peserta didik. Evaluasi pembelajaran menurut Bloom (1971) adalah proses pengumpulan data real secara sistematis. Dimana data ini akan digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan atau tingkat perubahan peserta didik. Selain itu, evaluasi juga memberikan pengetahuan bagi pendidik untuk mengetahui keberhasilan kegiatan pembelaran yang dilaksanakan serta meningkatkan kualitas guru dalam mengembangkan soal dalam kegiatan evaluasi.
Kebanyakan guru melakukan kegiatan evaluasi menggunakan media kertas. Guru membagikan kertas yang berisi dengan soal/ pertanyaan yang sesuai dengan kompetensi yang akan diuji. Kemudian peserta didik menjawab soal/ pertanyaan tersebut dengan lembar jawaban yang telah disediakan oleh guru atau disediakan oleh masing-masing peserta didik.
Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, salah satu alternatif dalam melaksanakan kegiatan evaluasi seperti ulangan harian dengan menggunakan aplikasi online "Plickers".

Pemanfaatan Aplikasi Plickers dalam Kegiatan Ulangan Harian

Ulangan Harian dengan Plickers
Plickers merupakan media berbasis internet dalam melaksanakan evaluasi belajar siswa. Misalnya kegiatan ulangan harian, guru menampilkan soal/ pertanyaan yang telah disediakan dalam akun Plickers dan menampilkannya di depan kelas. Selanjutnya peserta didik menjawab soal/ pertanyaan tersebut dengan mengangkat kartu jawaban yang diperoleh dari akun plickers tersebut. Kemudian guru melakukan scan jawaban (mengarahkan aplikasi pada gadget/ smarphone dengan bantuan kamera) pada kartu jawaban yang telah ditunjukkan oleh siswa tersebut. Secara otomatis (online), jawaban akan masuk ke dalam sistem akun plickers yang telah dibuat.

Berikut cuplikan penggunaan Media Plickers dalam ulangan harian.


Langkah-Langkah Pemanfaatan Plickers dalam Ulangan Harian
A. Tahap Persiapan
Dalam tahap ini, guru mempersiapkan soal yang akan digunakan dalam tahap pelaksanaan. Kegiatan ini meliputi pembuatan akun, pembuatan soal, dan instalasi aplikasi plickers di smartphone.

Pembuatan akun dapat dilakukan melalui laman: https://get.plickers.com/ melalui browser pada laptop. Dalam mengakses laman ini, laptop harus terhubung dengan jaringan internet. Pada tampilan yang laman yang muncul, pilih menu Sign Up for Free. Sign up hanya dilakukan sekali saja, jika pembuatan akun telah berhasil, maka untuk berikutnya hanya langkah sign in.

Tampilan laman utama Plickers
Selanjutnya isi data yang diminta atau untuk lebih mudah dalam pengisian dengan cara melanjutkannya dengan akun gmail.
Pembuatan Akun
Jika berhasil, maka selanjutnya melakukan sign in (masuk ke laman plicker dengan data akun yang telah dibuat). Jika pembuatan data akun dengan menggunakan akun gmail, maka sign in yang dilakukan juga dengan menggunakan akun gmail tersebut. Untuk sign ini, dapat dilakukan pada laman awal saat pembuatan akun tadi, jika dalam pembuatan akun menggunakan sign up, maka untuk masuk ke dalam akun, pilih link teks sign in.

Tampilan laman sign in
Setelah berhasil sign in, maka selanjutnya mempersiapakan kelas dan pertanyaan yang akan diuji pada saat pelaksanaan Ulangan harian.

Pembuatan Kelas
Pembuatan kelas bertujuan untuk mendaftarkan nama peserta didik yang akan mengikuti ulangan harian, caranya dengan menekan link teks "add class".
Pembuatan Kelas pada Akun Plickers
Setelah memilih link teks "add class" akan muncul dialog box. Kemudian isi nama kelas dan klik "Create Class"
Pengisian nama kelas dalam pembuatan kelas
Jika berhasil, kelas yang telah kita buat akan muncul pada tampilan menu sebelah kiri..
Berhasil menambah kelas
Selanjutnya, klik nama kelas yang baru dibuat, kemudian pilih "add student" untuk menambahkan daftar nama peserta didik yang akan mengikuti ulangan harian tersebut.
Membuat Daftar Nama Pada Kelas 
Dalam mengentri nama peserta didik, dapat dilakukan dengan cara mengetik langsung pada kolom yang disediakan, atau dengan cara copy-paste dari file excel yang ada kemudian klik next.
Pembuatan daftar nama peserta didik
Nama yang telah dibuat akan ditampilkan sesuai dengan urutan yang pada saat pembuatan, kemudian selanjutnya klik Done.
Berhasil menambah nama peserta didik
Setelah kita memilih done, tampilan kelas akan berisi daftar nama dan soal-soal yang pernah dibuat. Namun jika soal belum pernah dibuat, maka tampilannya hanya berisi nama.

Pembuatan Soal
Untuk pembuatan soal, maka pada laman akun, pilih new set.
Pembuatan Soal Baru
Pada tampilan yang muncul, isi pertanyaan dan pilihan jawaban pada kolom yang disediakan.

Menu pada pembuatan soal
Pada pilihan jawaban, jangan lupa untuk memilih jawaban yang benar, dengan cara klik pada huruf pilihan jawaban yang dianggap benar. Pada menu "add to Queue", maka soal yang dibuat ini dapat langsung ditambakan pada kelas yang telah dibuat. Klik "add to Queue" kemudian pilih nama kelas yang telah dibuat. Maka secara otomatis akan masuk ke dalam daftar pertanyaan yang akan diujikan pada kelas tersebut.
Add to Queue

Selanjutnya kembali buka kelas yang telah dibuat pada langkah pembuatan kelas, klik nama kelas pada kolom sebelah kiri.
Tampilan kelas siap digunakan
Berdasarkan gambar diatas, kelas telah berisi daftar soal yang siap ditampilkan dalam ulangan harian.

Sebelum melakukan kegiatan ulangan harian, masih dalam tahap persiapan, guru harus menginstall terlebih dahulu aplikasi Plickers yang dapat diunduh pada Playstore yang ada pada smartphone guru. Setelah berhasil diinstall, maka selanjutnya ulangan harian dapat dilaksanakan.
Satu lagi yang penting sebelum pelaksanaan adalah pembuatan kartu jawaban.
Kartu Jawaban merupakan gambar yang telah disediakan oleh pihak Plickers. Untuk itu kartu jawaban dapat di unduh pada laman plickers.

Pembuatan kartu jwaban
Untuk kartu jawaban sebanyak 40 orang peserta didik, dapat diunduh disini.

Setelah di unduh, cetak kartu jawaban dan dibagikan kepada peserta didik sesuai dengan nomor urut pada saat pembuatan kelas dan penambahan nama peserta didik sesuai langkah diatas.

B. Tahap Pelaksanaan
Dalam pelaksanaan ulangan harian di kelas, guru harus menyediakan layar proyektor untuk menampilkan pertanyaan di depan kelas. Jika laptop telah tersambung dengan projektor, selanjutnya pada lama kelas (langkah sebelum pelaksanaan ini), klik Play Now.
Menampilkan pertanyaan di depan kelas.
Dengan bantuan projector, peserta didik dapat melihat soal yang sedang ditanyakan. Untuk melakukan perekaman jawaban, maka lengkah-langkah pelaksanaan meliputi,
  1. Pada saat soal ditampilkan, setelah selang waktu yang telah dieberikan guru, peserta didik diminta untuk mengangkat kartu jawaban yang telah dibagikan pada peserta didik sebelum kegiatan ulangan harian berlangsung. 
  2. Guru melakukan scan jawaban dengan membuka aplikasi plickers pada smartphone dengan cara mengarahkan kamera HP pada aplikasi ke arah jawaban peserta didik 
Guru dapat melihar jawban peserta didik yang telah direkam dan juga dapat melihat grafik jawaban peserta didik setelah melakukan scan jawaban pada tampilan live soal tersebut.

Tampilan live soal ualngan harian
Berikut video dalam tahap pelaksanaan ulangan harian dengan menggunakan plickers.

Demikian langkah-langkah kegiatan pelaksanaan ulangan harian dengan menggunakan aplikasi Plickers sebagai bahan alternatif dalam pelaksanaan ulangan harian yang dilaksanakan oleh guru. Selain cepat dalam memperoleh hasil ulangan harian, guru juga dapat menikmati statistik jawaban peserta didik lengkap yang dapat dilihat pada menu scoresheet.
Menu hasil ulangan
Berikut tampilan scoresheet dan beberapa keuntungan yang dapat digunakan oleh guru.
tampilan scoresheet

Masih banyak hal yang dapat dieksplore dari media ini, silahkan Bapak/ Ibu guru yang berminat untuk melaksanakan kegiatan ulangan harian dengan media ini. Mungkin ini juga dapat dijadikan alternatif dalam pembuatan karya ilmiah dalam penelitian tindakan kelas. Jika ada yang memberikan saran dan kritik, mohon komentarnya.
Terima kasih.

#salamberbagi

5 comments:

  1. Mungkin bisa ditambahkan bagian ke 3 bagaimana kita dapat membaca dan mengetahui hasil plickers

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas sarannya, Grace. Sesegera mungkin akan diupdate ya.

      Delete
  2. Mau tanya dong, bagaimana caranya menginstruksi kan ke siswa ketika akan memilih jawaban yg berbeda, misal si Adi ingin menjawab A, dan si Rudi ingin menjawab B, sedangkan itukan kertas kode nya hanya 1. Trims. Mohon bgt dijawab:((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada kartu jawaban, itu ada tulisan kecil kode jawaban (huruf A, B, C, dan D). Jadi Peserta didik mengangkat kartu jawaban sesuai dengan jawaban yang diinginkannya. Karena setiap gambar pada kartu jawaban kiri kana dan atas bawah memiliki tipe gambar yang berbeda.

      Delete
  3. terbatas hanya 4 soal ya

    ReplyDelete