Langkah Membuat Ujian Daring dengan Google Formulir [Video] - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Thursday, April 16, 2020

Langkah Membuat Ujian Daring dengan Google Formulir [Video]

Selain pembelajaran dan pertemuan daring, teknologi informasi juga mendukung evaluasi jarak jauh (daring). Ada beberapa layanan yang dapat dibuat, salah satunya adalah Google Formulir. Google formulir merupakakn salah satu aplikasi document yang disediakan Google.
Layanan Google Formulir bertujuan untuk survey dan analisis dengan mudah, namun lebih dari survey, google formulir dapat dimanfaatkan dalam pembuatan soal. Pilih dari jenis pertanyaan pilihan ganda, seret dan lepaskan untuk menyusun ulang pertanyaan, dan sesuaikan nilai semudah menempelkan daftar.

Berikut langkah-langkah untuk menyusun evaluasi daring dengan goolge formulir, yaitu
1. Buka aplikasi Chrome (pada HP atau PC), disarankan Chrome, karena biasanya Chrome telah terkait dengan akun Google yang pernah dibuat.

2. Setelah terbuka, ketik https://docs.google.com/forms pada mesin pencari atau kotak telusuri kemudian enter.

3. Pada tampilan yang muncul, pilih template kosong

4. Setelah formulir terbuka, pilih setelah (klik tanda gear) kemudian ubah formulir yang akan dibuat menjadi kuis.

5. Pada kotak yang muncul, klik kuis - kemudian nyalakan "Jadikan ini sebagai kuis", kemudian pada opsi, Rilis Nilai Pilih "Segera setelah setiap pengiriman" dan pada Responden dapat melihat pilih "nilai poin" kemudian klik "simpan".

6. Setelah setelan kuis, ubah judul formulir dengan cara klik "Formulir tanpa Judul"

7. Setelah judul dirubah, untuk membuat soal, tulis soal pada "pertanyaan tanpa judul, kemudian pilih bentuk jawaban, dapat dipilih diantaranya, pilihan berganda, jawaban singkat, skala linear, dan sebagainya. Jika pilihan berganda, klik "opsi" utuk memberikan pilihan jawaban, klik "tambahkan opsi" untuk menambahi beberapa pilihan jawaban. Kemudian klik "kunci jawaban" untuk membuat kunci jawaban dan skor. Selanjutnya nyalakan tanda wajib diisi, agar siswa harus mengisi jawaban agar dapat mengirim jawaban secara keseluruhan. Jika ingin menambahkan soal, klik tanda "+". Seperti pada gambar ini.

8. Jika telah membuat pertanyaa, klik tombol "Kirim" untuk membagikan soal yang telah dibuat dan siswa dapat mengerjakan secara daring.

9. Pada tampilan yang muncul, klik tanda Url (rantai) kemduikan centang perpendek URL, dan salin. Link pada tautan dibagikan kepada siswa, agar siswa dapat mengerjakannya secara daring.

Demikian cara membuat evaluasi daring dengan menggunakan Google Formulir. Untuk lebih jelas saksikan video berikut.

No comments:

Post a Comment