KOREKSI LEMBAR JAWABAN SISWA UNTUK SOAL PILIHAN BERGANDA DENGAN MS. EXCEL - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Saturday, May 30, 2015

KOREKSI LEMBAR JAWABAN SISWA UNTUK SOAL PILIHAN BERGANDA DENGAN MS. EXCEL

Pada post sebelumnya Aplikasi Analisis Butir Soal Berbasis Ms. Excel, salah satu analisis digunakan untuk soal pilihan berganda. Dimana dalam aplikasi tersebut dengan mengetik jawaban siswa dengan kriteria angka 1 untuk jawaban benar, dan angka 0 untuk jawaban salah. Sehingga dalam tahap sebelum menggunakan aplikasi sebaiknya kita telah mengoreksi jawaban siswa yang kemudian jawaban tersebut akan dimasukkan dalam aplikasi. 

Ada beberapa tekhnik yang dilakukan untuk memeriksa jawaban siswa untuk soal pilihan berganda. Salah satu teknik yang sering digunakan adalah dengan membuat template koreksi jawaban dari lembar jawaban yang tersedia.


Dengan cara menempelkan lembar jawaban siswa pada template tersebut, jawaban benar dihitung dengan melihat jawaban yang ditandai siswa terlihat pada lubang kertas yang diberi bolongan. Dengan cara ini cukup memberikan kemudahan, namun untuk mengetikkan jawaban siswa kembali agar dinalisis, mungkin sedikit memberikan kerepotan.

Dalam post ini salah satu teknik untuk memeriksa jawaban siswa dan hasilnya telah terurai dan dapat digunakan pada aplikasi analisis pada pos Aplikasi Analisis Butir Soal Berbasis Ms. Excel.
Berikut salah satu alternatif untuk memeriksa jawaban, aplikasi untuk memeriksa jawaban siswa dengan berbasis Ms. Excel 
Dalam aplikasi tersebut telah disertakan petunjuk penggunaannya.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment