APLIKASI PEMERIKSAAN JAWABAN PILIHAN BERGANDA SEKALIGUS ANALISIS BUTIR SOAL - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Friday, June 5, 2015

APLIKASI PEMERIKSAAN JAWABAN PILIHAN BERGANDA SEKALIGUS ANALISIS BUTIR SOAL

Evaluasi tidak terlepas dari seorang pendidik. Evaluasi diperlukan untuk membantu seorang guru untuk menganalisis perkembangan peserta didik. Pada proses pembelajaran seorang guru melakukan evaluasi yang dimulai dari ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester.

Untuk mencapai keberhasilan tujuan pembelajaran, diperlukan analisis hasil evaluasi yang baik. Analisis evaluasi ini memberikan gambaran bagi pendidik atas kemajuan peserta didik. Dari hasil analisis yang diperoleh, seorang pendidik dapat mengambil langkah untuk memperbaiki pembelajaran sekaligus meningkatkan prestasi peserta didik.

Nah, untuk memudahkan seorang guru untuk melakukan analisis, baik analisis butir soal evaluasi yang digunakan maupun analisis hasil evaluasi yang dilakukan, pada pos ini dilampirkan aplikasi analisis butir dan hasil evaluasi. Aplikasi ini hanya sekedar membantu perhitungan dalam analisis. Aplikasi ini berbasis Ms. Excel merupakan lanjutan dari aplikasi-aplikasi sebelumnya yang telah diposting sebelumnya. Aplikasi ini merupakan penggabungan dari aplikasi analisis butir soal dan aplikasi koreksi jawaban pilihan bergan peserta didik.




Pada aplikasi data yang diisi hanya pada sheet "DATA" page 1 tepatnya kolom yang diberi warna hijau. Maka Secara langsung dihitung pada sheet berikutnya. 


Semoga bermanfaat.

1 comment: