Update - Aplikasi Analisis Butir Soal Berbasis Ms. Excel - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Thursday, May 28, 2015

Update - Aplikasi Analisis Butir Soal Berbasis Ms. Excel

Sebelumnya analisis butir soal berbasis Ms. Excel telah diposting dalam Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Berganda dan Essay (Khusus SMP Negeri 9 Pematangsiantar). Dalam postingan tersebut disertakan lampiran aplikasi yang terdiri dari beberapa file dengan jumlah soal dan peserta didik yang terbatas, yakni aplikasi terpisah untuk soal 25 PG, 20 PG, 15 PG, 12 Essay, dan 2 Essay, dengan jumlah peserta tes 25 orang.
>> Langkah awal unduh aplikasi disini. <<

Sebagai update dari aplikasi tersebut antara lain, 
(1) jumlah butir soal maksimal 30 dan jumlah peserta maksimal 40 orang (artinya, jika jumlah peserta dibawah 40 orang dan (atau) jumlah soal dibawah 30, aplikasi ini dapat digunakan.
(2) Cell yang berisi formula telah dikunci, sehingga tidak menimbulkan ketakutan ketika salah tekan keyboard.
Berikut tampilan awal dan langkah pengerjaannya.
Bagan aplikasi analisis
Prosedur Pengisian Data Aplikasi
Perhatikan gambar, angka :

  1. Data identitas analisis, isi (sebaiknya pada cell D3, D4, D5, D6) sesuai dengan apa yang diminta
  2. Data dasar perhitungan (sebaiknya diisi sejajar cell yang berwarna biru, AD3, AD4, AD5). Pengisian data ini bertujuan dalam perhitungan di dalam aplikasi
  3. Nama peserta tes (peserta didik), diisi sesuai dengan nama peserta didik yang mengikuti tes
  4. Kolom Skor Maksimal, isi cell ini sesuai dengan skor maksimal masing-masing butir soal. Untuk soal pilihan berganda isi skor maksimal dengan angka "1", berbeda dengan soal essay, skor maksimal diisi sesuai dengan kriteria penskoran essay yang telah ditentukan oleh guru bersangkutan (biasanya lebih dari 1)
  5. Jawaban Siswa, cell ini diisi sesuai dengan jawaban yang diperoleh siswa. Untuk Soal Pilihan Berganda, jawaban benar diketik angka "1", jawabana salan diketik angka "0", sementara untuk soal essay, jawaban disesuaikan skor yang diperoleh siswa, dan jika jawaban salah biasanya diberi skor "1".

Jika langkah diatas telah dilakukan dengan tepat, maka secara otomatis aplikasi akan menghitung analisis butir soal untuk uji validitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Terakhir sebelum mencetak hasil analisis, sebaiknya ubahsesuaikan nama kepala sekolah dan nama guru yang melakukan analisis pada page 4 (perhatikan tanda lingkaran).

Terakhir
Ubah nama sesuai dengan kondisi sekolah
Kemudian cetak (halaman yang dicetak akan otomatis tercetak tanpa diatur).
Demikian update aplikasi analisis butir soal berbasis Ms. Excel.
Semoga bermanfaat.

Sesuai dengan pos Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Berganda dan Essay (Khusus SMP Negeri 9 Pematangsiantar), pernyataan analisis bukan sekedar menghitung, tetapi pemanfaatan hasilnya. Selanjutnya perlu dibahas arah pemanfaatan hasil analisis butir soal pada proses belajar mengajar.
Bagi yang ingin berbagi ilmu, silahkan berkomentar.

Jangan lupa untuk mengunduh aplikasinya disini.

2 comments:

  1. saat di unduh >>> We can’t find what you’re looking for.

    ReplyDelete