Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Berganda dan Essay (Khusus SMP Negeri 9 Pematangsiantar) - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Tuesday, May 26, 2015

Aplikasi Analisis Butir Soal Pilihan Berganda dan Essay (Khusus SMP Negeri 9 Pematangsiantar)

SMP Negeri 9 Pematangsiantar
Analisis butir soal merupakan sebuah keharusan bagi seorang pendidik untuk mengetahui apakah kualitas soal untuk mengevaluasi atau mengukur kemampuan peserta didik yang digunakan baik. Apabila kualitas soal yang digunakan baik, tentunya menunjang keberhasilan dalam proses belajar mengajar di kelas. Sering sekali, guru mengambil kesimpulan tanpa didukung bukti yang kuat. Sebagai contoh, di kelas A lebih baik daripada kelas B. Kesimpulan ini sering kali hanya didasari situasi belajar saat dikelas, tanpa perlu pertimbangan pengukuran yang sahih.

Untuk itu, sebaiknya pendidik menggunakan alat yang tepat sehingga kesimpulan yang dibuat dapat dipertanggungjawabkan. Ada berbagai analisis yang perlu dilakukan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan peserta didik dalam proses belajar mengajar, misalnya analisis metode pembelejaran, analisis tes evaluasi, analisis ekstrinsik peserta didik, analisis instrinsik peserta didik, atau dapat juga dikatakan penelitian tindakan kelas (PTK).

Selain alasan diatas, pendidik atau guru akhir-akhir ini dituntut lebih lagi dalam hal peningkatan kualitas pembelajaran seiring dengan peningkatan kesejahteraan yang telah diberikan pemerintah. Saat ini, seorang guru dituntut untuk mengembangkan kemampuan analisis dan karya tulis untuk kenaikan pangkat dan jabatan dalam jenjang karir PNS. Untuk itu kesempatan sekarang terbuka lebar, jika ingin meraih pangkat tertinggi dalam PNS.

Intinya, analisis bukanlah sekedar hitung-hitungan, bukan pula menambah beban kerja, tetapi  lebih mengarahkan pendidik untuk mengenal peserta didik sehingga lebih mudah untuk mengambil langkah dalam kemajuan proses belajar mengajar. Jika bisa dianalogikan, ini seperti seorang petani yang mengusahakan ladangnya untuk menghasilkan tanaman yang baik. Seorang petani perlu melakukan analisis karakeristik tanah dan kondisi cuaca di tempat dia bertani, sehingga petani tersebut dapat memberikan perlakuan yang terbaik terhadap tanamannya, yang bertujuan agar tanamannya menghasilkan buah yang baik. Jadi, bukan sekedar menabur pupuk tetapi juga perlu memperhatikan pupuk yang paling tepat untuk tanamannya.

Sesuai dengan judul, guru-guru di SMP Negeri 9 Pematangsiantar, sesuai dengan sasaran kinerja yang telah dibuat, melaksananakan analisis butir soal. Untuk membantu proses analisis (juga dengan kemajuan teknologi), dibentuklah sebuah aplikasi analisis butir soal berbasis Ms. Office Excel. Esensinya analisis bukan proses perhitungannya tetapi hasil dari perhitungannya untuk membantu pendidik menganalisis kemampuan mengajar dan kemampuan peserta didik. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan aplikasi.

Berikut ini terdapat beberapa file aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan analisis. (dapat disesuaikan dengan kondisi jumlah soal yang akan di analisis.

Kelima aplikasi menggunakan jumlah peserta didik 25 orang (hal ini dibuat sesuai dengan jumlah peserta didik tiap kelas di SMP Negeri 9 Pematangsiantar). Jika jumlah peserta didik lebih dari 25 maka guru dapat mereduksinya (memilih hanya 25 orang dari yang tersedia) dengan catatan memperhatikan skor yang diperoleh. Contoh, di dalam kelas terdapt 27 siswa. Dari 27 siswa ini dipilih 25 orang dengan memperhatikan skornya, salah satu langkah dalam meredukdi siswa adalah dengan memperhatikan skor yang tekstrim. Misalnya ada siswa yang memiliki skor yang jauh dari rata-rata, misalnya nilai 0 atau nilai yang jauh diatas rata-rata misalnya 100. Demikian juga jika jumlah siswa kurang dari 25, dapat ditambahi dari kelas lain, dengan memperhatikan skor yang lebih tepat dengan rata-rata.

Jika salah satu aplikasi telah dibuat, berikut tutorialnya.
1. Open file yang telah di unduh. (tampilannya seperti gambar berikut ini)

Worksheet

2. Isi Data sesuai dengan yang diminta

Isis Data

3. Untuk Data jumlah soal sesuaika dengan judul aplikasi.

Pencocokan Jumlah Soal

4. Dalam aplikasi ini yang dikerjakan hanya pada halaman 1 (page 1), halaman lain dan sheet 2 dan sheet 3 jangan diganggu gugat.
a. Isi nama pada kolom nama di page 1

Pengisian Nama Siswa

b. isi jawaban siswa pada kolom Nomor Soal dengan kriteria, 1 untuk jawaban benar dan 0 untuk jawaban salah.

Benar 1 dan Salah 0

contoh sesuai dengan gambar diatas, misalnya Charles, jawaban nomor 1 benar, maka diketik dengan angka 1, untuk nomor 5 jawaban charles salah, maka diketik dengan angka 0. 

Jika semua jawaban telah diisi, maka secara otomatis akan langsung dihitung. Terakhir sebelum di print, ganti nama guru mata pelajaran pada lembar terakhir (page 4) dengan nama guru yang melakukan analisis.

Ganti Nama Guru

Jika sudah dilakukan tahap demi tahap, kemudian silahkan di print (ctrl+p) kemudian pada kolom Page isi 1 to 4. kemudian klik ok.

Cara Memprint Out

NB:
Untuk aplikasi essay sedikit tambahan untuk diisi yaitu skor maksimal masing-masing soal.

Skor Maksimal Pada Analisis Soal Essay

Demikianlah, aplikasi untuk analisis yang dibuat secara sederhan. Semoga berhasil. Sekali lagi, analisis bukan cara proses perhitungannya tetapi pemanfaatan hasil yang diperoleh.
Jika ada yang kurang tepat, silakan komentar atau hubungi saya di sekolah. Terima kasih.
:)

3 comments:

  1. horas pak
    bisa minta password untuk buka proteck nya pak

    ReplyDelete
  2. Horas. Pakai yg ini aja pak. Password sudah direset. https://igszone.blogspot.com/2018/12/update-aplikasi-analisis-butir-soal-no.html?m=1

    ReplyDelete
  3. Thank you for your attention. I just write what i know. And i still learning this topic to support my work. :) (semoga englishku bisa dipahami si Anna).

    ReplyDelete