Membuat Keterangan Kelulusan Pembelajaran dari Beberapa Kriteria kelulusan dengan Ms. Excel - IGS Zone -->

Informasi Guru dan Sekolah

Friday, May 8, 2015

Membuat Keterangan Kelulusan Pembelajaran dari Beberapa Kriteria kelulusan dengan Ms. Excel

Masih ingatkah kriteria kelulusan pasing grade seleksi penerimaan CPNS? Penerimaan CPNS 2014 mewajibkan peserta seleksi untuk melampaui nilai ambang batas Tes Kemampuan Dasar (TKD) agar bisa masuk seleksi berikutnya atau di ranking dalam penentuan kelulusan. Nilai ambang batas TKD waktu itu adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 125, Tes Intelegensia Umum (TIU) 75, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 70. Berdasarkan ambang batas tersebut, jika ada satu kriteria dibawah ambang batas, maka peserta dinyatakan tidak lulus sekalipun nilai kriteria lain maksimal atau benar semua.

Nah, ini bukan membahas tentang penerimaan CPNS, melainkan kasus sama yang mungkin sering kita lakukan dalam menjaring atau menyeleksi peserta didik dalam proses belajar mengajar di sekolah. Misalnya, Seorang guru IPA membuat kriteria kelulusan IPA peserta didik dengan dua kategori, yaitu teori dan praktek. Nilai teori minimal 70 dan nilai praktek 80. Jadi, jika seorang peserta didik memiliki nilai teori 100 namun memiliki nilai praktek 75, maka peserta didik tersebut dinyatakan tidak lulus.

Untuk itu, dalam post kali ini, kita akan belajar bersama untuk membuat aplikasi media Ms. Excel untuk memudahkan kita dalam penentuan kelulusan, maksudnya adalah dengan hanya memasukkan nilai maka akan dinyatakan status kelulusan siswa. Dalam aplikasi ini, kriteria kelulusan tidak dibatasi hanya dua kriteria, boleh lebih dari dua.

Pada aplikasi ini kita memanfaatkan rumus IF dan AND dalam program Ms. Excel. Jika sebelumnya kita telah memanfaatkan fungsi IF pada penulisan kelulusan KKM secara otomatis dengan Ms. Excel, dimana pada aplikasi tersebut masih menggunakan satu kriteria, maka kali ini untuk beberapa kriteria kita menggunakan fungsi IF dan AND.  Fungsi IF dan AND merupakan rumus untuk menghasilkan keterangan benar (true) jika semua logika yang diuji memenuhi syarat dan menghasilkan pernyataan lain  (false) jika ada satu  atau beberapa logika yang tidak memenuhi syarat.

Diawali dengan membuka program Microsoft Office Excel 2007 sehingga muncul worksheet untuk kita bekerja. Kemudian silahkan buat kolom tabel sesuai dengan kriteria yang kita inginkan. Contoh gambar sebagai berikut.


Dalam pembuatan tabel, kita harus benar-benar perhatikan cell yang kita gunakan. Pada contoh gambar diatas, cell dimulai A3 (dengan isi cell  "No") sampai dengan E13 (kolom kelulusan paling bawah). Setelah selesai, kita mulai menuliskan rumus pada kolom "kelulusan" atau dalam cell E4 sampai E13. Rumus yang digunakan adalah "=IF(AND(logika1;logika2);"true";"false")"
Logika1 merupakan kriteria pertama (dalam kasus ini nilai teori lebih dari 70)
Logika2 merupakan kriteria kedua (dalam kasus ini nilai praktek lebih dari 80
True merupakan pernyataan yang sesuai dengan logika
False merupakan pernyataan yang tidak sesuai dengan logika

Contoh, untuk peserta didik "A", karena nilai teorinya ada pada cell C4, maka logika1 ditulis dengan C4>70, dan nilai praktek pada kolom D4, maka logika2 ditulis D4>80, untuk pernyataan "true" ditulis dengan LULUS dan false ditulis dengan TIDAK LULUS. Jadi rumus lengkap untuk menampilkan hasil kelulusan peserta didik "A" adalah =IF(AND(C4>70;D4>80);"LULUS";"TIDAK LULUS")


Jika rumus tersebut berhasil, maka selanjutnya kita tinggal copy cell E4 dan paste di cell E5 - E13. Sehingga hasil akhirnya seperti berikut ini.


Demikianlah cara pemanfaatan aplikasi Ms. Excel pada proses belajar mengajar untuk membuat kelulusan dengan berbagai kriteria kelulusan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment